Jenis-jenis Media Sosial
1. Facebook
adalah sebuah layanan
jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari
2004, dan berkantor pusat di Menlo
Park, California, Amerika Serikat. Hingga September 2012. Facebook
didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas
Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris
Hughes.
Keanggotaan situs web ini
awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan
lain di Boston, Ivy League,dan Universitas
Stanford. Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan
jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif
bulanan di seluruh dunia. Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9
juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun
Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah
wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada
pada Mei 2011. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada
tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook
memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar
di situs ini.
Feature-feature Facebook yaitu
:
·
Update Status/ Status terkini
·
Message/Pesan
·
Chat/ Obrolan
·
Photos/ Foto
·
Videos/ Videos
·
Friends/ Teman
·
Applications/ Aplikasi
·
Games/ Permainan
·
Notes/ Catatan
·
Wall/Dinding
·
Poke/ Colek
·
Gifts/ Hadiah
2. Twitter
adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan
Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs
yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak
terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis
kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui
berbagai aplikasi untuk perangkat
seluler
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc.,
yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan peladen tambahan terdapat diNew York City, Boston, dan San Antonio. Hingga Mei 2015, Twitter telah memiliki lebih dari
500 juta pengguna, 302 juta di antaranya adalah pengguna aktif
Twitter pertama kali
digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan
kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo
lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya –
termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams
lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian
Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada
bulan April 2007.
Feature-feature Twitter
yaitu :
·
Membalas Pesan
·
Favorit
·
Pesan Pribadi
·
Hapus
·
Ikuti
·
Tidak Mengikuti
·
Teman
·
Pengikut
·
Unggah Foto
·
Ikon Ekspresi
·
Twitter oAuth
·
Teks Panjang
·
Lokasi Geo Manual
·
Mendiamkan
·
Warna
3. Instagram
adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto,
menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai
layanan jejaring
sosial, termasuk milik
Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto
menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai
sekitar $1 miliar Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi
aplikasi ini. Kata "insta" berasal dari kata "instan",
seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan
"foto instan". Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara
instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata
"gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi
kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat
mengunggah foto dengan menggunakan jaringanInternet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat
diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram.
Fitur-fitur Instagram
·
Pengikut
·
Mengunggah Foto
·
Kamera
·
Efek foto
·
Judul foto
·
Arroba
·
Label foto
·
Perlombaan
·
Publikasi kegiatan sosial
·
Publikasi organisasi
·
Geotagging
·
Jejaring sosial
·
Tanda suka
·
Popular
·
Peraturan Instagram
·
Penandaan foto dengan bendera
4. LinkedIn
adalah situs web jaringan
sosial yang
berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional.
Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna
terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang
diklasifikasi menurut jasanya. CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia
Capital, Bessemer
Venture Partners,
serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas
positif) sejak Maret 2006
Fitur-fitur Linkedin yaitu :
·
Profil
Adalah tempat Anda untuk menuliskan hal-hal
yang dapat mempromosikan diri, baik itu asal universitas, kemampuan yang
dikuasai, pengalaman yang dimiliki, dan lain-lain
·
Kontak
Adalah fitur yang berhubungan
dengan relasi. Dengan fitur ini Anda dapat menjaring banyak teman baru, baik
dari teman lama yang sudah terhubung lewat Facebook maupun email, dan juga
teman baru yang Anda temui di Linkedin untuk pertama kalinya.
·
Grup
Adalah fitur yang membantu
Anda terhubung dengan pengguna yang memiliki latar belakang atau ketertarikan
yang sama. Groups sendiri menyediakan empat menu, yaitu Your Groups (Groups apa
saja yang Anda ikuti), Group You May Like (beberapa groups yang
direkomendasikan Linkedin untuk Anda), Groups Directory (jika Anda ingin
mencari sendiri group yang Anda inginkan), dan Create Group (yang memfasilitasi
Anda membuat sebuah group sendiri.)
·
Pesan
Perlu diketahui bahwa Linkedin memiliki
sistem email sendiri. Disini sesama pengguna dapat bertukar pesain lewat email
tersebut. Dan jika ada teman baru yang meng-invite Anda untuk
berteman dengannya juga akan secara otomatis masuk ke fitur ini di menu
invitations.
·
Perusahaan
Di fitur ini Anda dapat
menemukan banyak akun perusahaan yang dapat Anda follow untuk mendapatkan informasi terbaru
dari mereka. Anda juga dapat menemukan informasi peluang bisnis, pembukaan
pekerjaan dan lainnya
·
Berita
Adalah fitur yang
menyediakan informasi terhangat seputar Linkedin kepada penggunanya. Selain itu
fitur ini juga menyediakan informasi seputar dunia pekerjaan yang Anda minati.
·
Pekerjaan
Adalah salah satu fitur penting di Linkedin
yang sangat membantu Anda yang ingin mencari lowongan pekerjaan
5. Pinterest
adalah virtual pinboard di
mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori
(semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori ‘
food and drink ‘ di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang Anda
sukai. Anda juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti
retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard
Fitur dan menu pada Pinterest
·
Halaman utama
Setelah akun Pinterest Anda aktif, Anda akan memasuki halaman utama atau
home. Pada halaman utama, Anda akan menemukan foto atau gambar yang di pin oleh
akun-akun yang Anda follow.
·
Tambahkan pin
Tambahkan pin adalah menu untuk mengunggah foto atau gambar yang ingin
Anda pin. Copy paste link gambar yang ingin Anda pin kedalam menu ini. Menu
upload pin adalah menu untuk mengunggah foto atau gambar yang berasal dari
komputer atau file milik anda sendiri.
·
Mengulang pin akun milik orang lain
Cara mengulang pin akun milik orang lain adalah memilih tombol re-pin
yang ada di pin tersebut.
1. Google+ atau Google Plus adalah jejaring
sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari
tersebut, pengguna Google+ diizinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun,
untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah
pembuatan akun semakin membeludak. Google+ mengintegrasikan layanan sosial
seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti
Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi
ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New
York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya
terbesar Google untuk menyaingi jaringan
sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta
pengguna pada tahun 2011.
Fitur-fitur
yang ada di Google+ :
·
Circles, memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak
menjadi kelompok untuk berbagi, across various Google products and services. Meskipun pengguna lain dapat melihat
daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat
nama-nama lingkaran mereka.
·
Messenger, (sebelumnya dikenal sebagai Huddle)
adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk
berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
·
Hangouts, adalah tempat yang digunakan untuk
memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi
dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini
berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki
URL yang unik dari Hangout tersebut.
·
Instant Upload, khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti
·
Sparks, adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk
mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang
lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan
topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.
·
Streams, pengguna melihat perkembangan terbaru dari
orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan
pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah
dan berbagi foto dan video.
·
Games
7. Flickr
merupakan situs web untuk berbagi foto
dan situs komunitas daring yang merupakan contoh
dari aplikasi Web
2.0.
Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini
dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat
penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online
yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi.
Flickr dikembangkan oleh Ludicorp,
sebuah perusahaan yang berbasiskan di Vancouver, Kanada yang dibangun pada tahun 2002. Ludicorp meluncurkan Flickr pada Februari
2004. Layanan ini dikembangkan pada awalnya untuk membuat Game Neverending, sebuah MMORPG. Flickr dianggap sebagai sebuah
proyek yang lebih masuk akal dan Game Neverending ditunda pembuatannya.Pada
tahun 2005, Yahoo! Inc. mengambil alih Ludicorp dan Flickr. Pada 28 Juni 2005, semua daftar isi
dari server Kanada dipindahkan ke server yang berada di Amerika Serikat, yang menyebabkan semua data yang ada
berada di bawah hukum federal Amerika Serikat. Fitur-fitur Flickr
·
Organisasi
·
Integritas
dengan Yahoo! Web Search
8. LINE
adalah sebuah aplikasi pengirim
pesan instan gratis
yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan
jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti
mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE
diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.
LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang
bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan
pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem
tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi
meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.
Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain
Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain
Fitur dan Menu yang ada di LINE :
·
Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda
dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk
mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
·
Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE
anda seperti suara, gambar, dll.
·
Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda
tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
·
Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini.
QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga
sebaliknya.
9. Whatsapp
WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakanaplikasi pesan lintas platform
yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan
paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger
menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi
data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file,
bertukar foto dan lain-lain.
Fitur lain yang terdapat di WhatsApp adalah:
·
View Contact
·
Avatar
·
Add conversation shortcut
·
Email Conversation
·
Copy/Paste
·
Smile icon
·
Search
·
Call
·
WhatsApp Call
·
Block
Peran dan Fungsi Media Sosial
1. Peran Media Sosial
·
Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media
konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing
yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang
tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan
koneksi internet.
·
Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan
kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan
membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide,
pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media
tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya
melakukan komunikasi satu arah.
·
Jangkauan Global
Media tradisional dapat
menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan
memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi
dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan
untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan
kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
·
Terukur
Dengan sistemtracking yang
mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat
mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang
membutuhkan waktu yang lama.
2. Fungsi Media Sosial
·
Administrasi
Pengorganisasian
proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif
dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media
sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial.
Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi konten dalam masyarakat
yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
·
Mendengarkan
dan Belajar
Pembuatan sistem
pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan
dengan mereka.
·
Berpikir
dan Perencanaan
Dengan melihat tahap
1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi
ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan
pasar.
·
Pengukuran
Menetapkan
langkah-langkah efektif sangat penting untuk mengukur apakah metode yang
digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan
posisi dan hubungan pasar anda.
Cloud Computing
1. Pengertian
adalah
gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan
di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer
tersebut, awan (cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan
abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Sejak Tahun 2000, Amazon sebagai peran penting dalam semua pengembangan
cloud computing dengan memodernisasi pusat data, seperti jaringan komputer yang
menggunakan sesedikit 10% dari kapasitas mereka pada satu waktu. Setelah
menemukan asitektur awan baru, mengalami peningkatan efisiensi internal sedikit
bergerak capat “Tim Dua-Pizza”(Tim kecil untuk memberi makan dengan dua pizza)
dapat menambahkan fitur baru dengan cepat dan lebih mudah. Kemudian Amazon
mulai mengembangkan produk baru sebagai penyedia cloud computing untuk
pelanggan eksternalm dan meluncurkan Amzaon Web Service (AWS) tahun 2006. Awal
tahun 2008, Eucalypus menjadi yang pertama open source, AWS API Platform yang
kompatibel menyebarkan awan swasta. Open Nebula ditingkatkan dalam proyek Eropa
Reservoir Komisi yang sudah didanai. Pada tahun yang sama, agar difokuskan pada
penyediaan jaminan kualitas layanan (seperti yang dipersyaratkan oleh aplikasi
interaktif real-time) untuk infrastruktur berbasis cloud dalam rangka IRMOS
Eropa Proyek yang didanai Komisi. Pertengahan 2008, Gartner melihat kesempatan
untuk membentuk hubungan antara konsumen layanan TI, mereka menggunakan layanan
TI dan menjualnya. Dan mengamati bahwa “Organisasi layanan TI yang beralih dari
perangkat keras milik perusahaan dan aset perangkat lunak untuk digunakan
layanan berbasis model sehingga pergeseran diproyeksikan untuk
komputasi.....akan menghasilkan pertumbuhan dramatis dalam produk IT di
beberapadaerahdan pengurangan yang signifikan di daerah lain.”
2. Manfaat Komputasi Awan
·
Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa
menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan
tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan
cloud computing.
·
Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan
dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data
disaat yang penting.
·
Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya
oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis
IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga
mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.
·
Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project
mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan,
tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
BalasHapus-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!